Cara Mendapatkan Domain Gratis Selamanya

Cara mendaftar domain eu.org gratis


Hallo sahabat VEOCE, dimanapun anda berada. Semoga masih di beri kesehatan dan juga dilancarkan rezekinya. Aamiin.

Pada kesempatan kali ini veoce akan membagikan sebuah trik jitu untuk mendapatkan Domain gratis eu.org

Kelebihan Domain Gratis EU.org

1. Bisa dipasang di Cloudflare

2. Bisa dipasang di Blogger

3. Bisa dipasangkan Google Adsense

4. Umurnya Awet

Domain gratis eu.org adalah Domain gratis Seumur Hidup yang merupakan sebuah subdomain dari .org, bedanya dengan domain lain, domain ini selain gratis, ternyata bisa di pasang adsense, sejatinya adsense menolak domain yang typenya subdomain.

Dan yang lebih keren lagi domain ini bisa di pasang cloudfre yang di mana pihak clousdfre juga menolak domain yang typenya subdomain, dan ternyata domain eu.org masuk dalam kategory domain tld, meskipun statusnya subdomain.

eu.org ini dibagikan secara gratis oleh Penyedia domain gratis website nic.eu.org yang didirikan pada tahun 1996 Jadi domain eu.org ini bukan merupakan Domain gratis Terbaru karena sudah berdiri sejak beberapa tahun lalu.

Yang dimana website nic.eu.org telah memberikan atau membagikan sebuah domain gratisnya kepada kita semua yang membutuhkan, dan tentunya juga akan diberikan secara gratis tanpa biaya perpanjangan pertahun.

Domain gratis eu.org ini banyak di minati para blogger karena gratis 100% dan berumur panjang (Selamanya gratis) sudah banyak blogger yang  memberikan tutorial untuk mendapatkan domain gratis dari eu.org ini.

Walaupun sering dianggap sepele oleh sebagian orang domain sendiri suatu faktor pendukung agar blog website kalian mudah di temukan oleh pengunjung blog.

Cara mendapatkan Domain gratis eu.org (Free Domain EU.ORG)

Meskipun mungkin tidak banyak orang yang tertarik akan domain gratisan, tetapi tidak ada salahnya jika kita coba  dan kita miliki selagi ada.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mungkin disini VEOCE akan sedikit memberi penjelasan tentang domain EU.ORG

Pada postingan kali ini veoce akan sharing tutorial mendapatkan domain eu.org secara gratis dan memasangnya di blogger. Perlu sobat veoce ketahui bahwa ekstensi domain eu.org merupakan nama domain yang digratiskan sejak tahun 1996 artinya domain ini gratis 100% dan berumur lama seperti halnya domain .TK .ML .GA .CF .GQ yang pernah veoce pasang diblog selama bertahun-tahun tanpa biaya perpanjangan.

Domain gratis eu.org bukanlah root domain melainkan subdomain dari domain utama .org meski demikian ada banyak keuntungan yang bisa sobat dapatkan kalau memiliki domain eu.org ini. Meski demikian, caranya memang agak susah dan membutuhkan waktu yang cukup lama (maksimal 7 hari) untuk proses persetujuan permintaan domain yang sobat ajukan.

nic.eu.org adalah salah satu dari diantara banyaknya Penyedia domain gratis lainnya. Yang diantaranya Penyedia domain gratis adalah dot.TK dot.ML dot.GA dot.CF dot.GQ dan masih banyak lagi yang lain. 

Tetapi menurut VEOCE Domain eu.org jauh lebih baik kualitasnya untuk keperluan blogging di Indonesia terutama. Karena memiliki trafik yang bagus. Meskipun dari segi nama atau tulisan yang kurang menarik.

Karena pernah VEOCE menggunakan domain gratis dotTK dan dotML yang sudah bertahun-tahun tetapi artikel sulit untuk bisa tampil di halaman pertama google, dan setelah VEOCE telusuri hampir tidak ada memang artikel dari domain tersebut ada di halaman pertama pencarian google,. 

Dan pernah juga VEOCE menggunakan dari Penyedia domain gratis zone.id, itu bagus bahkan artikelnya juga bisa menjadi peringkat di pencarian google, meskipun belum sempat untuk di gunakan mendaftar ke adsense. Karena situs penyedia domain ditutup, entah karena memang sengaja di tutup atau di blokir karena terindikasi spam. Karena untuk cara mendapatkan domain gratis tersebut juga cukup mudah dan mungkin di gunakan sebagai spam oleh sebagian penggunaannya. 

Kelebihan menggunakan Domain gratis eu.org

1. Bisa menggunakan nameserver dari cloudflare, eu.org adalah subdomain tidak resmi dari ekstensi domain .org . Dengan mengaitkan domain ke cloudflare maka pengguna mendapatkan fitur tambahan seperti DNS , SSL dan CDN secara gratis meski limit

2. Bisa dipasang ke blogger, meskipun eu.org merupakan subdomain seperti halnya veoce.zone.id tetapi pengguna tidak perlu menyetting ke domain utamanya. Domain ini bisa langsung di custom ke blogger melalui pengaturan DNS saja (nanti ada tutorialnya )

3. Domain eu.org bisa didaftarkan untuk menjadi mitra periklanan google adsense karena reputasinya yang baik. Sobat bisa menggunakan untuk ternak akun adsense tetapi memiliki lebih dari satu akun adsense adalah pelanggaran

Penyedia domain eu.org sendiri bertujuan untuk memberikan subdomain gratis kepada organisasi dan tidak berniat mencari keuntungan apapun oleh sebab itu pengguna tidak akan melihat iklan yang tiba-tiba muncul diblognya setelah mengcustom domain eu.org

4. Domain eu.org gratis tanpa biaya perpanjang tahunan dengan syarat pengguna tidak boleh menyalahi aturan/rules atau pelanggaran yang sudah ditentukan oleh pihak eu.org

5. Mendukung situs non-eropa, karena eropa bukan satu-satunya tempat dimana kebijakan NIC nasional berlaku, maka situs non-eropa dipersilahkan mendaftar . Termasuk indonesia

Dan kali ini VEOCE akan membahas tentang Cara mendaftar domain eu.org gratis Selamanya.

Syarat Mendapatkan Domain gratis Seumur Hidup - Domain gratis eu.org

Salah satu syarat mendapatkan subdomain eu.org adalah pengguna wajib menyediakan DNS hosting atau DNS managernya sendiri (tenang saja ini juga gratis). Meski hal ini membuat sebagian orang merasa kerepotan dan menganggap domain eu.org sangat sulit untuk didapatkan padahal mudah kalau mau meluangkan waktu 5 menit saja untuk membaca artikel ini.

Untuk DNS managernya veoce menyarankan dns24 dan hostry karena mereka menyediakan layanan CDN , DNS manager secara gratis.

Berikut adalah tutorial mendapatkan domain eu.org secara gratis selamanya

1. Sebelum sobat veoce memulai membuat domain eu.org, yang pertama sobat veoce siapkan yaitu email yang masih aktif. dan bila sobat veoce sudah mempunyai email. lanjut ke tahap ke nomor dua. 

2. Selanjutnya sobat veoce harus mendaftar DNS Manager dahulu, ini merupakan syarat yang banyak orang tidak tahu. sehingga banyak yang gagal mendapat domain eu.org. untuk mempersingkat artikel. langsung saja sobat veoce daftar di https://www.dns24.ch/home/newuser

3. Setelah sobat veoce membuat akun dns selanjutnya  mendaftar dari penyedia domain yaitu melalui nic.eu.org dan untuk mempercepat waktu silahkan klik https://nic.eu.org/arf/


Setelah masuk ke link https://nic.eu.org/arf/ diatas, silahkan sobat veoce klik pada bagian yang sudah ditandai warna merah. Maka sobat veoce akan dialihkan ke tampilan login-page yang telah disediakan.

Apabila sobat veoce belum memiliki akun, silahkan sobat pilih Register, dan apabila Sobat veoce sudah memiliki akun silahkan langsung masukkan ID dan password.


Setelah Sobat veoce meng-klik pada bagian register, maka tampilan akan berubah seperti gambar dibawah ini.


Agar Lebih Mudah Lihat Videonya:



Cara Mendaftar Domain EU.ORG Simple Mudah Dan Cepat 

1. Dilangkah ini pastikan sobat veoce sudah mempunyai ke dua akun diatas. bila semua bahan sudah siap, langsung menuju tutorial mendaftar domain. dan yang pertama sobat veoce buka akun dns24, selanjut nya buat domain yang akan sobat gunakan, contoh isi domain: namadomain.eu.org lalu daftarkan. 

2. Pastikan sobat veoce sudah mempunyai domain dari dns24, selanjut nya sobat veoce buka akun nic.eu.org dan buat "New Domain", lalu disitu Sobat veoce masukan nama domain sama persis dengan domain yang sobat veoce buat di akun dns24 tadi. 

Dibagian pengisian kolom name, sobat veoce masukan name server ns1.dns24.ch - ns2.dns24.ch dikolom situ memang isi nya banyak, namun sobat veoce isi dua saja dulu. Tapi dalam mengisi name servers, Sobat isi dibagian name1 - name2 saja, jangan yang IP. dengan memasukan dibagian name1 & name2 biar tidak error nanti ketika di submit. 

3. Setelah Sobat veoce menerapkan dengan benar, nanti setelah disubmit akan menunjukan pesan bla.bla.bla dan ada tulisannya Done. 

Agar permintaan domain eu.org disetujui dalam waktu kurang dari 48 jam Sobat veoce harus mengirim email ke penyedia layanan Hostmaster@eu.org yang berisi permintaan untuk mengaktifkan domain yang sobat daftarkan

Buka gmail > compose > email tujuan Hostmaster@eu.org

Subject isi dengan = Approve my domain veoce.eu.org

Isinya dalam bahasa inggris, contohnya = Hello good evening , i will hope you activated request domain veoce.eu.org for my personal blog. See you and thankyu

Tidak perlu terlalu serius yang penting permintaan Sobat dapat dimengerti

Tidak sampai 24 jam atau lebih tepat besoknya , veoce mendapat email bahwa domain yang veoce ajukan veoce.eu.org sudah disetujui sepenuhnya

Pesan persetujuan dikirimkan melalui email dan masuk kedalam folder spam, kurang lebih cuplikannya seperti ini



Cara setting domain eu.org ke layanan blogger

Sama seperti memasang domain diblogger pada umumnya, masuk ke setelan > dasar > alamat blog masukkan domain Sobat misal www.veoce.eu.org lalu klik simpan

Tetapi Sobat veoce akan mendapati pesan error karena domain belum terbaca dan terverifikasi seperti ini.


Untuk langkah selanjutnya silahkan simak panduan berikut ini :

1. Sobat veoce daftar lagi DNS dari Hostry untuk memudahkan dalam pemasangan. sebenarnya melalui dns24 juga bisa ! tapi menurut veoce sepertinya akan ada yang merasa kesulitan, jadi sobat gunakan hostry saja sebagai host custom nya, dan langsung saja sobat veoce daftar dan membuat akun nya dulu klik https://hostry.com/register/

2. Setelah pembuatan akun dirasa sudah beres, lalu sobat bisa login ke akun hostry dan pilih "Services" lalu cari yang "Free DNS", selanjutnya masukan nama web atau domain eu.org yang sobat buat tadi, dan klik Create DNS

3. Setelah menekan create dsn, nanti akan terbuka menu yang menampilkan informasi website sobat, dan ns1.hostry.com sampai ns4.hostry.com itu Sobat ingat atau copy di notepad, pastikan juga domain sobat sudah benar, setelah itu baru sobat bisa klik Create.

4. Setelah semua ns1 - ns4 sudah disiapkan, lalu sobat buka akun nic.eu.org dan edit domain yang baru sobat buat tadi dengan nameserver dari hostry

Untuk cara pengeditan silahkan:

Scroll kebawah, pada bagian name server masukkan DNS nya


NS1.HOSTRY.COM185.186.246.19 NS2.HOSTRY.COM: 206.54.189.187 NS3.HOSTRY.COM: 195.123.233.100 NS4.HOSTRY.COM: 45.32.157.198 

Centang Dibagian "Server Names"

Bila sudah diganti tinggal Sobat submit. karena disini sobat hanya mengedit. jadi tidak harus mengirim email seperti sebelumnya. 

Setelah semua sudah selesai tinggal balik lagi dan login ke akun hostry untuk memulai memasang domain eu.org ke blogspot dan pastikan juga sudah login ke blogger

Untuk cara pemasangan Sama seperti memasang domain diblogger pada umumnya, masuk ke setelan > dasar > alamat blog masukkan domain sobat misal www.veoce.eu.org lalu klik simpan

Setelah itu akan ada kode dari blogger seperti ini:

Kami tidak dapat memverifikasi kewenangan Anda terhadap domain ini. Di situs registrar domain Anda, cari setelan Domain Name System (DNS) Anda dan masukkan dua CNAME berikut: (Nama: www, Tujuan: ghs.google.com) dan (Nama: akbpygtnhfhg4, Tujuan: gv-quwk2grkmsssswlo7tr.dv.googlehosted.com). Buka https://support.google.com/blogger/answer/1233387 untuk melihat petunjuk mendetail

Langkah selanjutnya Buka akun hostry sobat dibagian Service > Free DNS > masuk kedalam pengaturan domain sobat tadi.

Atau masuk pada menu orders

Seperti halnya pada setting domain seperti biasanya , sobat tinggal menambahkan CNAME dan A record seperti ini


CNAME data yang sobat dapatkan pada langkah ke-1 di didashboard blogger contohnya seperti ini

(Nama: www, Tujuan: ghs.google.com) dan (Nama: akbpygtnhfhg4, Tujuan: gv-quwk2grkmsssswlo7tr.dv.googlehosted.com)

A record berisi Alamat IP blogger , isinya

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

Selanjutnya bila tabel Type A sudah sobat isi semua seperti itu, sobat buat lagi dengan Type CNAME, Namun untuk melihat type ini silahkan ambil dari blog Sobat: caranya Sobat Masuk ke menu setelan > Dasar > lalu dibagian alamat blog masukan nama domain sobat tadi, contoh www.namadomain.eu.org maka di bawahnya akan muncul kode CNAME seperti ini : 

Kami tidak dapat memverifikasi kewenangan Anda terhadap domain ini. Di situs registrar domain Anda, cari setelan Domain Name System (DNS) Anda dan masukkan dua CNAME berikut: (Nama: www, Tujuan: ghs.google.com) dan (Nama: akbpygtnhfhg4, Tujuan: gv-quwk2grkmsssswlo7tr.dv.googlehosted.com). Buka https://support.google.com/blogger/answer/1233387 untuk melihat petunjuk mendetail

Nah disitu sobat bisa memasukan type kode CNAME ke dalam menu Free DNS di Hostry tadi. 

Setelah semua dirasa sudah beres sekarang sobat tinggal menunggu beberapa saat antara (1-3 Jam) jangan lupa untuk menyimpan domain tadi ke blogger, selanjutnya setting di blogger seperti biasa. Namun sobat tidak usah panik apabila sobat mengaktifkan HTTPS dan situs belum bisa di akses, sobat tunggu saja beberapa saat, karena itu biasanya sedang melakukan penyetelan dengan HTTPS.

Mengapa domain eu.org sulit didapatkan?

Eu.org merupakan salah satu situs penyedia domain gratis yang masih bertahan hingga saat ini sejak tahun 1996. Selain itu, alasan mengapa pendaftaran domain eu.org dipersulit adalah untuk mencegah penyalahgunaan domain untuk melakukan hal-hal yang tidak di inginkan. Pengguna ekstensi domain eu.org secara tidak langsung membawa nama baik layanan eu.org jadi apabila ditemukan pelanggaran pada blog yang terpasang domain eu.org maka penyedia layanan dapat langsung mencabutnya

Oleh sebab itu layanan eu.org masih bisa bertahan hingga saat ini dengan reputasi yang baik dimata pengguna internet. Ada banyak layanan penyedia domain gratis yang sudah berdiri selama bertahun-tahun mendadak gulung tikar akibat ulah pengguna yang tidak bertanggung jawab. Domain dipasang pada situs yang melanggar kebijakan sehingga menyangkut nama baik penyedia layanan itu juga

Tujuan eu.org adalah menyediakan pendaftaran subdomain gratis kepada seluruh pengguna atau nirlaba yang tidak mampu membayar biaya perpanjangan yang diminta oleh NIC.

Tips :

Apabila sobat ingin bisa mendapat domain eu.org dan agar cepat di Aprove silahkan isi data dengan benar, jangan sesekali ketika mendaftar mengetik dengan asal asalan lalu ngirim ke admin, jelaskan terlebih dulu dengan maksud apa sobat meminta domain eu.org tersebut, dan tentunya memakai bahasa inggris, bisa dengan Translate Google tidak apa-apa. 

Setelah sobat menggunakan domain tersebut jangan menyalahi aturan dan baca privacy policy dari pihak eu.org, karena bisa saja pihak penyedia domain menghapus domain sobat, jika ada pengguna yang melanggar ketentuan nya. 


Nb

Jangan gunakan domain tersebut untuk spam maupun melanggar ketentuan agar domain ini tetap bisa kita gunakan selamanya, karena jika kita menggunakan domain gratis ini untuk sesuatu yang tidak baik, bukan tidak mungkin situs di tutup bahkan di blokir, seperti halnya domain zone.id yang sempat viral hingga akhirnya lenyap tanpa kita tau penyebabnya.